Wisata Literasi Dunia


Hello semuanya, kali ini saya akan membahas tentang Wisata Literasi Dunia. Wisata itu ya berlibur. Refreshing atau bikin yang happy-happy aja. Tapi kadang, wisata ke tempat ramai, berdesakan, antrenya lama itu malah suka bikin bete, alias ngeselin. Apalagi kalo bawa anak-anak, mau senang, seringkali malah jadi kecewa. Nah kalo gitu dari pada kecewa mending simak artikel ini sebagi berikut . Wisata sambil baca buku, sambil nulis mau gak? Namanya Wisata Literasi wisata sambil baca buku, sambil belajar nulis. Sudah pasti sangat asyik kan. Wisata literasi itu kegiatan berwisata yang berbasis pada buku bacaan dan harus mampu menceritakan kembali apa yang dibaca di hadapan keluarga atau orang lain. Wisata literasi dapat menjadi alternatif bagi anak-anak untuk tetap menikmati liburan namun tidak meninggalkan tradisi baca di alam. Wisata literasi dapat menjadi salah satu acuan dalam membangun keluarga Emas Indonesia. Wisata yang berarti bepergian bersama-sama (untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dan sebagainya). Sedangkan wisata literasi dapat diartikan sebagai bepergian bersama-sama ke perpustakaan,musem,dll untuk memperluas pengetahuan. Bisa juga acaranya dikembangkan menjadi bepergian untuk membangun silaturrahmi dengan anggota keluarga yang gemar membaca dan aktif menulis. Tentulah tidak lupa tetap dalam suasana bersenang-senang. Nah selain kita bersang-senang berwisata yang kita dapatkan dari Wisata Literasi adalah ilmu dan wawasan yang banyak, pasti serukan berwisata sambil menambah ilmu dan wawasan. Fakta di Indonesia, orang tua mengizinkan anaknya menghabiskan waktu minimal 4,5 jam sehari untuk bermain gadget. Kondisi ini, tentu akan berdampak buruk terhadap tradisi belajar dan membaca anak-anak. Gadget bisa jadi akan menjadi “orang tua” pertama anak-anak Indonesia di masa depan. Sungguh, menjadi realitas yang mengenaskan.
Selain itu Wisata Literasi juga memiliki manfaat loh yaitu :
1.       . Mempelajari sejarah : Salah satu jenis wisata budaya adalah wisata sejarah. Dengan melakukan wisata sejarah, tentu wisatawan akan bisa mempelajari sejarah bangsa secara lebih langsung. Misalnya dengan mengunjungi museum, maka wisatawan bisa menelusuri kisah sejarah serta menemui bukti-bukti otentik yang ada di dalam museum tersebut.
2.        Menambah wawasan : Selain bermanfaat untuk melestarikan budaya tertentu, wisatawan yang datang ke sebuah objek wisata budaya sudah pasti memiliki keuntungan bisa menambah wawasan mengenai kebudayaan sebuah daerah atau wilayah secara langsung. Misalnya orang yang datang ke sebuah candi, maka dia pasti akan bisa mempelajari segala seluk beluk candi beserta latar belakang kisahnya.

3.        Menambah pengalaman : Wisata budaya juga memiliki manfaat untuk menambah pengalaman dan kesan tersendiri bagi para wisatawannya. Pengalaman ini merupakan satu hal yang tidak bisa disamakan antara orang yang satu dengan orang yang lainnya.


4.       Mempersatukan bangsa : Wisata budaya banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai macam daerah. Mereka akan saling kenal dalam perjalanan yang menyenangkan. Wisata budaya bisa menjadi tempat bersatunya orang-orang dari banyak daerah dan secara tidak langsung mempersatukan bangsa.

5.       Menambah kosakata bahasa tertentu : Ada beberapa orang yang berwisata budaya dan tertarik dengan bahasa daerah dari daerah tertentu. Wisata budaya bisa bermanfaat untuk menambah kosakata dari bahasa daerah tertentu.

Selanjutnya adalah contoh-contoh Wisata Literasi yang ada di dunia:
1.       Northern Lights : Lokasi yang dapat kamu jadikan pilihan kunjungan ketika datang ke negara Literasi yang satu ini adalah Northern Lights. Di lokasi ini kamu akan disuguhkan sebuah panorama cahaya yang sangat mempesona. Cahaya ini merupakan cahaya yang langka, sebab tidak di semua negara mempunyai cahaya yang satu ini. Cahaya ini hanya buisa muncul ketika  bulan September sampai dengan bulan Maret. Tempat ini lokasi ini akan ramai oleh wisatawan yang ingin menikmati sebuah panorama alam yang sangat mempesona tersebut. Northern Lights belokasi di Finlandia.

2.       Hameenlinna : Lokasi yang tidak kalah cantik yang disuguhkan oleh Finlandia bagi kalian para wisatawan adalah Hameenlinaa. Lokasi ini menjadi lokasi yang wajib kamu kunjungi saat memilih Finlandia menjadi lokasi liburan mu. Di lokasi ini kamu akan disuguhkan sebuah pemandangan Danau Vanajavesi. Selain itu kamu juga akan menikmati keindahan Bukit Hattelmala. Spot wisata yang paling banyak yang diincar di lokasi ini adalah bangunan kastil yang dibuat dari bahan batu bata merah. Sehingga terlihat sangat indah. Selain itu juga ada Market Square yang akan memanjakan wisata belanjamu di Finlandia. Sehingga bisa dijamin perjalananmu yang melelahkan ke Finlandia akan terbayar lunas dengan panorama alam Finlandia yang tidak jarang mampu menyihir pengunjung untuk terpesona dengan keindahannya. Bahkan bagi kamu yang baru pertama datang ke lokasi ini, kamu akan merasakan suasana ketagihan untuk melakukan perjalanan ulang ke Finlandia.


3.       Patung George Bernard Shaw: Nama George Bernard Shaw jelas tak boleh dilewatkan. Penulis novel dan naskah yang lahir di Dublin, 26 Juli 1856, ini pernah meraih penghargaan Nobel di bidang sastra dan Academy Awards (Oscars) atas karya-karyanya. Atas permintaannya, George Bernard Shaw mendonasikan royaltinya ke National Gallery of Ireland di Dublin setelah ia meninggal pada 1950. Patungnya pun dibangun di pintu masuk galeri tersebut sebagai penghormatan. Dublin memang tak akan menjadi kota literasi tanpa ada penulis-penulis hebat di dalamnya. Selain untuk mengenang mereka, keberadaan patung-patung penulis ini juga dimanfaatkan oleh pemerintah dan layanan tur untuk mempromosikan pariwisata Dublin.

4.       Patung Oscar Wilde : Seniman Danny Osborne memakaikan jaket hijau berkerah pink pada patung Oscar Wilde yang dibuatnya. Patung penulis novel, naskah drama dan puisi yang lahir di Dublin pada 16 Oktober 1854 tersebut ditempatkan di Merrion Square Park. Mulai diperlihatkan ke publik pada 1997, patung ini menampakkan Oscar Wilde yang sedang berada di atas batu sambil menghadap rumah masa kecilnya. Kita memang tinggal menyeberang saja dari Merrion Square Park untuk ke rumah di mana Oscar Wilde dilahirkan.

5.      Perpustakaan Bank Indonesia : Mulanya, bangunan ini dulunya disebut Worning voor Agent van Javasche Bank. Kala itu, bangunan yang berpaduan unsur Jawa dan Eropa ini, merupakan rumah dinas bagi pejabat De Javasche Bank (tahun 1953 berubah nama menjadi Bank Indonesia). Jauh sebelum gedung ini bernama Perpustakaan Bank Indonesia, dulunya pernah difungsikan sebagai Museum Mpu Tantular. Museum itu sendiri aktif sejak 1975. Pada tahun 2004 silam, lokasi museum dipindahkan ke kawasan Buduran, Sidoarjo. Kini, bangunan bekas museum benda-benda bersejarah, diubah menjadi area taman baca bagi warga kota atau masyarakat pada umumnya. Perpustakaan BI terletak di Jalan Taman Mayangkara no.6 Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Pintu masuk perpustakaan berada di sisi timur bangunan yang berada di Jalan Raya Darmo. Sedangkan pintu keluar, berada di sisi selatan yang menghadap ke arah Taman Mayangkara.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TYPES OF TOURISM

INTERVIEWED DSS TOUR AND TRAVEL DEPOK

Plagiarisme